Pageviews

Popular Post

Powered by Blogger.

Written By Marta Pebriansyah on Thursday 24 September 2015 | 10:24



Otak manusia mempunyai kapasitas yang sangat mengagumkan, lebih dari sekedar yang kita kira selama ini. sejak seorang bayi terlahir didunia, dia memiliki 100.000.000.000/100 Miliar sel otak(neuron). tiap sel otak memiliki ratusan dan ribuan cabang atau tentakel yang mirip sekali dengan gurita yang berukuran mikro.

masing-masing tentakel ini berisi jamur atau spina dendrit yang mengandung ribuan zat kimia. inilah yang membawa pesan diantara sel otak, semua informasi dalam setiap pikiran, setiap pengalaman belajar, dan setiap daya ingat yang dimilikinya. misalnya, disaat kita sedang berpikir, sebuah gelombang elektromagnetis bergerak turun kecabang sel otak dan memicu zat kimia didalam salah satu jamur, yang kemudian dengan cepat menyebrangi jarak pendek untuk memicu zat kimia didalam spina dendrit lainnya. hal ini memicu respon elektromagnetis dari sel otak lainnya.

proses yang demikian itu berjalan secara terus-menerus, sehingga bila digambarkan akan memberntuk jejak setapak yang menyerupai jejak setapak berliku-liku didalam hutan besar serta gerakannya begitu cepat. dan diselidiki jumlah jejak pikiran ini jika dibuat bentuk teks normal akan membentuk deretan angka sepanjang 10,5 juta Km. dengan begitu banyaknya kemungkinan tersebut otak manusia, jika seumpama keyboard dapat memainkan ratusan juta juta melodi. tidak seorangpun yang masih hidup yang pernah mendekati penggunaan otak secara maksimal.
kekuatan otak manusia ini tidak ada batasannya. sangat mengagumkan bukan?dari hal diatas, apakah anda semua percaya akan kekuatan dan kerja otak anda?.

Dalam kehidupan yang penuh dengan dinamika seperti sekarang ini, banyak sekali perubahan yang terjadi pada orang-orang peka terhadap perkembangan zaman. sehingga banyak fakta yang mengemukakan tentang hal ini, diantaranya;

Quantum Learning adalah sebuah metode pembelajaran yang telah berhasil digunaka oleh pebisnis dan pelajar dari tingkat dasar hingga program doktoral dengan hasil yang mencengangkan.Metode ini dipelopori oleh Bobbi DePorte yang bukan seorang profesor pendidikan, melainkan sebagai agen stone real estate disan fransisco.

Fisika Quantum, pada tahun 1905, persoalan fisikawan klasik jerman yang sudah bertahun-tahun tidak terjawab, yaitu tentang fenomena efek fotolistik. kini terjawab tuntas dengan formulasi energi kinetik E=hf-P. dicetuskan oleh anak muda berusia 26th, pegawai kantor paten swiss dibern, yang bernama Albert Einstein.

Seberapa hebatkah kekuatan otak dan cara kerja otak anda?dan seberapa banyak anda memaksimalkan kerja otak anda?.

Judith hooper dan Dick teresi membandingkan sebuah otak dengan alam semesta ini. mereka menyatakan, “Otaklah alam semesta tersebut”.segala sesuatu yang kita ketahui mulai dari partikel sub atomis sampai galaksi yang sangat jauh. segala yang kita rasakan dari rasa cinta kita kepada anak-anak kita, sampai rasa takut terhadap musuh dialami dan dibentuk dalam otak kita.

Para pemikir besar kita, termasuk Aristoteles yang percaya bahwa pikiran kita terletak disekitar perut atau hati. Plato menempatkan pikiran pada otak; tetapi hanya karena bentuk otak. sebagian besar informasi tentang otak baru diketahui dalam 20 tahun terakhir ini tetapi pengetahuan ini baru mulai menggugah kesadaran kita terhadap kompleksitas/kerumitan otak yang luar biasa.

Setahap demi setahap, spesialisasi setiap belahan otak dikenali memiliki sifat berikut;
Otak Kiri : Bahasa, logika, angka, sistematis, melihat terperinci, linear, tampilan simbolis, memberi koreksi.
Otak Kanan : Deskripsi/visualisasi, irama, kreatifitas, musik, imajinasi, warna, emosional, melihat secara keseluruhan, pola, intuisi, bentuk dan ruang, gagasan artistic dan holistic.

Hal penting yang harus diingat adalah bahwa otak kanan dan kiri sebenarnya hanya istilah singkat, atau metafora, untuk spesialisasi yang cenderung ditangani oleh belahan otak masing-masing. kedua rangkaian sifat belahan otak ini menentukan proses berpikir kita. kreatifitas muncul dari intraksi yang luar biasa antara kedua belahan otak, dan bukan hanya berasal dari belahan otak kanan.

Jika kita percaya bahwa ingatan disimpan dengan cara yang sama seperti hologram, ada mekanisme untuk memahami kapasitas otak.
Menurut Peter Russel, satu centimeter kubik hologram fotografik dapat menampung 10 milyar bit informasi-otak manusia 1.500 kali lebih besar. dia memperkirakan bahwa kapasitas memori manusia memiliki orde quadrillion (1.000juta-juta bit informasi). tentu saja, sebagian besar digunakan untuk progam-program fungsi tubuh kita, namun masih tetap tersisa kapasitas yang besar untuk mengingat semua pengalaman kita.
telah diketahui kebanyakan orang diseluruh dunia, hanya menggunakan 10%  saja dari kapasitas otak mereka. otak manusia mempunyai struktur dan fungsi yang sangat kompleks dan belum lama diketahui. dari berbagai perkiraan, otak manusia memiliki 100 miliar syaraf otak(neurons) yang berkomunikasi melalui beberapa ratus triliun jaringan(synapses) dan dipenuhi oleh senyawa cairan otak(neurochemicals) dimana kilatan listrik berloncatan diantara jaringan dan senyawa tersebut saat otak bekerja.

Otak adalah super komputer ciptaan tuhan yang sebenarnya jauh lebih canggih dari super komputer buatan manusia. ini karena otak memungkinkan manusia dapat memilih secara independen sebelum melakukan suatu pemikiran dan tindakan, dimana pemikiran dan tindakan tersebut akan menghasilkan pancaran energi tertentu ke alam semesta ini(Otak).

Pancara energi ini sering disebut energi mikrokosmos akan terus menerus berinteraksi dengan energi yang tersedia dialam semesta ini atau yang sering disebut energi makrokosmos. seseorang yang melakukan pemikiran dan tindakan baik, tanpa sadar dia memancarkan energi frekuensi tinggi ke alam semesta. energi frekuensi tinggi adalah energi yang berkaitan dengan segala hal baik. 
demikian pula energi dengan frekuensi rendah yang berkaitan dengan segala hal yang kurang baik akan terpancar bila seseorang akan melakukan pemikiran dan tindakan yang kurang baik. sederhanya, energi frekuensi tinggi disebut energi baik dan energi frekuensi rendah disebut energi buruk.

jika orang tanpa sadar hanya sedikit memancarkan energi baik ke alam semesta, dia hanya menggunakan sebagian kecil dari kebisaan komputer super canggih yang ciptaan tuhan yang berada dikepalanya. yang akan kita lakukan sekarang adalah berlatih secara sistematis untuk dapat memanfaatkan energi yang tersedia dialam semesta dengan maksimal. dengan demikian anda dapat memanfaatkan energi baik untuk membantu meningkatkan kapasitas otak anda, sekaligus berusaha menghindari energi buruknya.

Energi dialam semesta ini akan menguatkan energi baik yang terpancar dari pikiran anda. ini merupakan faktor pembeda antara orang sukses dan orang gagal. semuanya dimulai dari pikiran anda. apakah anda berpikir anda bisa atau tidak bisa, dua duanya akan benar.
ini awal yang membedakan orang sukses dan orang gagal. jika energi baik yang terpancar dapat dimanfaatkan secara maksimal dan baik, energi mikrokosmos menjadi sinkron dengan energi besar makrokosmos yang ada dialam semesta ini, sehingga dengan cerdas anda dapat memanfaatkan energi yang tersedia dialam semesta ini untuk kepentingan pribadi.

 Sumber ; Agus Pambudi, S.psi "becoming a success magnet
 

Print Friendly and PDF

1 komentar: