Pageviews

Popular Post

Powered by Blogger.

Written By Marta Pebriansyah on Friday 2 October 2015 | 22:16


Angkuh atau sombong ialah penyakit hati yang selalu meninggikan diri dan sering menghampiri setiap insan/pribadi manusia tanpa kita sadari kalau itu kerap muncul kedalam diri kita.
Banyak faktor yang menjadikan pribadi angkuh/sombong dan merasa dirinyalah yang paling tinggi dari yang lain.

Pertama, keangkuhan manusia disebabkan karna materi yang begitu melimpah, karna kekayaan yang begitu melimpah sering kali merasa bahwa dirinya yang paling hebat dari kalangan yang lain. sangat banyak jika kita temukan diberbagai tempat pasti ada diantaranya yang bersikap angkuh. misalnya saja, orang yang baru menuai kesuksesan atau orang yang baru kaya. tidak jarang kita temukan. mereka merasa lebih terhormat dari yang lainnya.
kedua, disebabkan anugrah yang diberikan tuhan berupa fisik misalnya rupa yang begitu rupawan.
ketiga, angkuh disebabkan kebaikan yang telah ia lakukan, ia merasa bahwa dirinya begitu dermawan, lebih bermoral dan pemurah dari yang lainnya.
keempat, kecerdasan atau intelektual yang ia miliki, sering orang seperti ini bersikap angkuh dan merasa bahwa ia yang paling cerdas dari orang lainnya.

Tetapi yang amat menarik bagi kita tentang keangkuhan ini ialah pengendaliannya,
--Semakin tinggu tingkat keangkuhan kita,
          Semakin sulit untuk mengendalikannya atau mengintropeksinya...

Angkuh disebabkan materi mudah terlihat dan jelas. sedangkan angkuh karna kecerdasan yang dimiliki mungkin sulit untuk mengetahuinya.

mungkin sebaiknya kita mencoba untuk menjernihkan dan membersihkan pikiran kita, agar angkuh dapat diketahui dengan jelas. dan cobalah untuk berpikiran positif akan suatu hal.

Keangkuhan hanya akan membawa kita pada kejatuhan, tiada guna menjadi pribadi sombong jika akan menghancurkan pikiran dan hati kita.

Print Friendly and PDF

0 komentar:

Post a Comment