Pageviews

Popular Post

Powered by Blogger.

Written By Marta Pebriansyah on Saturday 19 September 2015 | 04:34



 Persiapan Wawancara

Wawancara atau assegment ialah suatu Tes untuk mengenal lebih jauh mengenai psikologi(kepribadian) seorang pelamar kerja yang dilakukan oleh pihak instansi maupun pihak perusahaan. WAWANCARA biasanya dilakukan sebelum atau sesudah dilakukan psikotes.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan wawancara :

- Sikap. segala hal yang menyangkut kesan pada saat wawancara, termasuk cara anda memasuki ruangan, cara duduk dan cara menanggapi pertanyan-pertanyaan pewawancara.
- Penampilan. Segala atribut yang anda kenakan seperti rambut terlihat rapi, berpakaian pantas, bersih dan rapih, karna penampilan merupakan kesan pertama yang dilihat oleh pewawancara.
- Komunikasi. Ketrampilan dalam berkomunikasi dan berbahasa akan terlihat saat wawancara berlangsung, hal ini penting menyangkut mengenai apa yang anda sampaikan.
- persyaratan kerja. biasanya pihak pewawancara akan menanyakan kembali informasi yang ada pada surat lamaran maupun CV(curriculum vitae) anda. jadi cantumkanlah selengkap mungkin informasi diri anda tetapi informasi yang dicantumkan haruslah relevan dan obyektif.

Persiapan Mental

sebelum wawancara, persiapkan mental anda agar diri anda lebih percaya diri dalam menghadapi wawancara agar berjalan dengan lancar. ada beberapa hal yang harus diketahui :
- Seluk-beluk pekerjaan yang dilamar. pengetahuan ini penting untuk memberikan gambaran kepada anda mengenai pekerjaannya apa dan tugasnya seperti apa.

-Lakukan Simulasi. jika anda kurang percaya diri lakukanlah simulasi dengan seseorang agar hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri anda.
Hadapi tes wawancara dengan tenang dan penuh percaya diri. sambutlah jabat tangan mereka dengan hangat, jabat tangan yang lemah dan terlihat berkeringat dapat menggambarkan anda tidak siap apalagi tatapan mata anda yang tidak fokus pada pewawancara, akan terkesan acuh tak acuh. hal yng sederhana akan tetapi dapat berakibat fatal.

Wawancara Pembuka
 Bebeapa pertanyan pembuka yang sering muncul pada saat wawancara :
- Apakah anda kesulitan dalam mencari kanto kami?
- Apakah anda sudah lama menunggu?
- Pukul berapa anda berangkat dari rumah?
- Silahkan perkenalkan diri anda?

Pada saat wawancara berlangsung, pewawancara akan menanyakan seputar pertanyaan mengenai keluarga anda; apakah anda mempunyai kerabat disini(perusahaan kami), ada berapa saudara anda?
selain itu pewawancara akan menanyakan seputar latar belakang pendidikan, biasanya diajukan kepada pelamar yang belum memiliki pengalaman dibidang yang terkait dipekerjaan yang dilamar tersebut.
dan setelah itu pewawancara akan mengajukan pertanyaan seputar motivasi yang dimiliki seorang pelamar, karna pewawancara ingin mengetahui motivasi apa yang dimiliki seorang pelamar hingga ingin melamar diperusahaan ini. dan seberapa besar keinginannya untuk bekerja secara maksimal.
Disarankan kepada para pelamar untuk memberikan jawaban yang benar-benar bisa membuat sipewawancar yakin akan diri anda. the end..WorldRyan

Print Friendly and PDF

0 komentar:

Post a Comment