Pageviews

Popular Post

Powered by Blogger.

Written By Marta Pebriansyah on Friday 2 October 2015 | 05:14


Jika kita membicarakan tentang Harland Sanders, biasa dipanggil Kolonel Sanders kita pasti teringat dengan nama restoran cepat saji/Fast Food "KFC". Iya, karna Kolonel Sanders merupakan seorang pendiri dari restoran tersebut. Kolonel Sanders merupakan pensiunan tentara, setelah tidak lagi menjadi seorang tentara. Kolonel mulai menekuni dunia usaha diusia tuanya dengan resep ayam gorengnya, berawal dari hobi memasaknya ia ingin memasarkan atau mengenalkan kepada semua orang tentang resep ayam goreng yang ia ciptakan sendiri. Berikut Biografi singkat tentang Harland Sanders; 



Harland David "Colonel Sanders"  (lahir 9 september 1890, henryville, indiana Amerika Serikat.) berkebangsaan Amerika Serikat. Pada usia 90 tahun, ia meninggal dunia disebabkan kompilkasi Pneumonia dan Leukimia. Harland merupakan orang yang mendirikan "Kentucky Fried Chicken"(KFC).
Ia mula aktif menjalankan bisnis waralabanya pada usia 65 tahun. Saat ini, usahanya telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam sistem masakan siap saji didunia. 

Tetapi sebelum menuai kesuksesannya, selama 9 tahun Kolonel Sanders berusaha menyempurnakan metode memasak ayam dengan menggunakan sebelas bumbu dan rempah-rempah seperti yang dikenal saat ini. 

Dengan resep masakan tersebut, daging ayam menjadi sangat empuk, renyah, dan gurih. Dia juga menggunakan pressure cooker yang lebih cepat memasak ayam daripada penggorengan biasa dan meningkatkan cita rasanya, sehingga saat ini dikenal istilah restoran cepat saji atau fast food karena kecepatan memasak ayam dan kelezatan rasanya.

Pada tahun 1952, Kolonel Sanders menjual semua propertinya untuk berkeliling dari kota ke kota dan dari restoran ke restoran untuk menawarkan resep yang ia ciptakan sendiri tentang ayam goreng. walaupun ia banyak mengalami kegagalan ia tetap percaya bahwa pasti ada restoran yang mau bekerja sama untuk membangun bisnis waralaba dibawah lisensinya, guna menawarkan resep ciptaannya kepada masyarakat.

Percaya tidak percaya, Sanders pernah mengalami kegagalan lebih dari 1.000 kali dan ditolak restoran dalam menawarkan resepnya. tetapi ia tetap bersikap positif dan pantang menyerah, ia tetap berkeliling sampai tiba pada restoran ke 1.008 yang mau membeli resep ayam gorengnya. dan mengembangkan usaha waralaba yang diberi nama dengan "KFC". setelah diterima dikalangan masyarakat. ia fokus dalam pengembangan bisnisnya agar tumbuh dan berkembang lebih besar lagi.
alhasil, bisnisnya terus berkembang dan tersebar hampir diseluruh dunia, dan menjadi salah satu restoran siap saji terbesar didunia.
Setelah melihat kisah dari Kolonel sanders, salah satu yang paling memotivasi dan penting adalah sikap pantang menyerahnya dan sikap yang positif akan keberhasilan.

Referensi : Wikipedia.org
Print Friendly and PDF

0 komentar:

Post a Comment