Pageviews

Popular Post

Powered by Blogger.

Written By Marta Pebriansyah on Tuesday 29 September 2015 | 00:39



Sebuah hotel yang terlihat indah nan ramai dari kejauhan dengan ditemani malam yang cerah dan bintang-bintang yang menghiasi langit malam. terlihat sebuah pesta, tidak, lebih tepatnya sebuah pesta reuni-an para mahasiswa perguruan tinggi memperingati 10 tahun-an seusai wisuda dan telah meniti kehidupan masing-masing.
rasa senang/gembira dan mengharukan terlihat dari wajah masing-masing mahasiswa begitu rindu dengan teman dan sahabat seperjuangan semasa kuliah. dengan seorang dosen yang memimpin acara tersebut dan acara yang ditata sedemikian untuk membuat acara lebih terkenang dan berarti.

Dengan duduk didepan meja yang membentuk sebuah lingkaran dengan hidangan yang lezat dan ditemani minuman yang menyegarkan, tatkala juga sebuah kopi dihidangkan dengan cangkir-cangkir yang belum terisi. Para mahasiswa tersebut, dengan riangnya bercanda sesama teman untuk memeriahkan reunian sekaligus menghibur sesama.

Seorang dosen yang duduk disamping salah satu mahasiswa tersebut turut senang, dengan diadakan acara reuni tersebut, dan yang lebih menggembirakannya para murid didiknya telah berhasil meraih kesuksesan dan kehidupan masing-masing.

Dosen tersebut ingin memastikan apakah murid didiknya telah berhasil sepenuhnya baik duniawi maupun akhirat. Ia mengatakan kepada semua murid didiknya, kalau ia ingin bercerita tapi sebelum itu ia mengambil sebuah kopi untuk menuangkan ke cangkir-cangkir mahasiswa tersebut. mahasiswa tersebut lalu bergegas mengambil sebuah cangkir yang telah disediakan tetapi terlihat sebuah cangkir yang kuno dan kusam tidak satupun mahasiswa yang menyentuhnya. dilihatnyalah sebuah cangkir tersebut oleh dosen tadi.

Dosen tersebut lalu bertanya tentang cangkir dan kopi kepada para mahasiswa tersebut,
apakah kopi ini nikmat? dijawab oleh semua mahasiswa dengan berkata,,ya kopinya sangat nikmat.
kemudian dosen tersebut bertanya lagi,...
Jika kalian dihadapkan sebuah cangkir yang nan cantik dengan cangkir yang kusam, manakah yang akan kalian pilih? s
Salah satu mahasiswa tersebut kemudian menjawab "cangkir yang cantiklah yang akan saya pilih, karna karna kopi akan terasa nikmat dengan cangkir tersebut"
Dosen itupun lalu menggelengkan kepala, dia bertanya kepada mahasiswa yang disebelahnya "Coba kamu rasakan kopi dengan cangkir cantik dan kopi dengan cangkir kuno/kusam tadi" apa bedanya...
Segera mahasiswa tersebut mencicipi kopi tersebut, lalu ia berkata "tidak ada bedanya".

Dosen tersebut menerangkan kepada mahasiswa tersebut. Cangkir dan kopi. salah satunya berkaitan kopi sebagai isinya dan cangkir sebagai wadahnya...
tidak akan ada beda diantara cangkir nan cantik dengan cangkir yang kusam tadi, yang terpenting adalah isinya...
yang kita nikmati adalah kopinya, bukan cangkirnya..
Jadi tidak peduli yang mana cangkir cantik dan jelek semuanya sama sebagai wadah kopi.

Pelajaran apa yang bisa dipetik dari sebuah kisah tersebut tentu anda semua tahu yang bisa dipetik dan dijadikan pengetahuan untuk diri kita masing-masing.
sekian.

Print Friendly and PDF

0 komentar:

Post a Comment